Listen to this article

LAMPUNG Tulang Bwang (DF)- Kualitas laporan keuangan, penerapan standar akuntansi pemerintah, sistem pengendalian intern, kualitas sumber daya manusia

Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah masih diterapkan secara perlahan, masih kurangnya Sumber daya manusia yang memahami akrual, dan belum secara intensif pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan peraturan Standar akuntansi pemerintah berbasis akrual. Rendahnya tingkat penerapan Standar akuntansi pemerintah ini akan mempengaruhi kualitas laporan keuangan pada Pemerintah Kabupaten Tulang bawang  semakin rendah.Pemerintah Kabupaten Tulang bawang diharapkan berbenah dalam peningkatan kualitas Sumber dayamanusia yang memahami berbasis akrual.

 Sistem Pengendalian Intern di Pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang  masih Lemah yakni belum tertib nya penatausahaan keuangan, pengelolaan retribusi, pengelolaan persediaan dan pengelolaan aset tetap yang kurang memadai serta penganggaran belanja yang tidak sesuai dengan klasifikasinya. Jika sistem pengendalian intern lemah, akan banyak ditemukan kasus penggelapan akan aset daerah dan itu akan merugikan negara secara keselurahan. Pengendalian Intern yang baik akan meningkatkan kualitas pengelola keuangan dan keandalan laporan keuangan pemerintah.

Baca Juga Berita  PPT yang Menjabat Lebih dari 5 Tahun Tidak Berwenang Mengambil Keputusan atau Tindakan Administratif

Sumber daya Manusia yang terjadi pada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, minimnya alokasi pegawai pada unit pengelola keuangan khususnya penyusun laporan keuangan dan masih kurangnya pemahaman dasar pegawai tentang administrasi keuangan daerah .Alokasi penempatan pegawai yang berlatar belakang akuntansi tidak merata dan belum sesuai dengan tugas dan fungsi pada tiap-tiap SKPD pada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang

Diharapkan agar Pemerintah Kabupaten  Tulang Bawang dapat meningkatkan Kinerja Laporan Keuangan agar di tahun berikutnya dapat memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian. Dengan secara benar menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah sehingga transformasi ilmu tersebut cepat dan proses penyusunan laporan keuangan berjalan lancar dan baik.

Baca Juga Berita  Masyarakat Dayasakti Kompak Meriahkan HUT RI ke 74 Di Balai Tiyuh

Memperbaiki Sistem Pengendalian Intern diharapkan semakin rendah tingkat kecurangan akuntansi dan semakin sedikit kasus yang terjadi atas laporan keuangan, dan menjadikan Sumber Daya Manusia berkualitas akan mampu memahami logika akuntansi dengan baik dalam penerapan sistem akuntansi. Meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dan menyalurkan informasi keuangan kepada pelayanan publik.

 Pemanfaatan kemajuan teknologi informasi perlu dioptimalisasikan oleh pemerintah dalam pembangunan jaringan sistem informasi manajemen sehingga memungkinkan proses kerja pemerintahan terpadu dengan penyederhanaan akses antar unit kerja.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here