Listen to this article

TULANG BAWANG (DF)– Kurang dari dua minggu menjelang bulan Ramadhan harga kebutuhan pokok masyarakat sejenis sayuran dan bumbu dapur mengalami peningkatan.

Janah, salah satu pedagang di Pasar Putri Agung mengatakan, memang mengalami peningkatan dan penurunan, dan dalam minggu ini melonjak naik kembali. Kenaikan harga karena pasokan mengalami penurunan apalagi menjelang ramadhan.

“Ya beberapa waktu ini mengalami naik kadang juga kembali stabil, dan sekarang mengalami kenaikan lagi,” ujarnya jumat (26/4/19) di Pasar Putri Agung, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang.

Ia menuturkan, bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti bawang merah, bawang putih dan cabai merah kenaikannya mencapai 15 hingga 20 ribu perkilogram.

Baca Juga Berita  Kasus Positif Covid-19 di Lamsel Kembali Bertambah 2

“Cabai, bawang merah juga bawang putih yang harganya melonjak naik,” jelasnya.

Untuk cabai harganya saat ini 40 ribu perkilogram, sedangkan harga normal perkilogramnya berkisar 20 ribu rupiah. Sementara bawang putih saat ini mencapai 55 ribu dari harga sebelumnya 25 ribu dan bawang merah perkilogramnya 40 ribu, dari harga normalnya 20 ribu.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Stabilisasi perdagangan, Mat Nuar mengatakan, untuk bahan pokok menjelang ramadhan relatif stabil.

“Kalau untuk bahan pokok menjelang puasa insyaallah aman dan untuk kenaikan harga itu ulah para pedagang, mungkin karena pengiriman hari ini menurun sedangkan pasokan kebutuhan banyak,” ujarnya.

Baca Juga Berita  Meriahkan HUT RI ke 74 Warga LK I Dayamurni Gelar Berbagai Perlombaan

“Dan kenaikan itu tidak tetap, misalkan hari ini naik, besok akan turun, tergantung pasokan bahan pokok,” jelasnya.

Mat Nuar juga menjelaskan, bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan, dan akan terus mengumpulkan data-data.

“Masih terus memantau, hingga saat ini belum ada data-data berarti masih stabil, kalau nanti sudah ada dan kenaikan terus bertambah pada bahan pokok lainnya maka kami akan melakukan operasi Pasar” ungkapnya. ( DBS/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here