ND Sulastri, SP Dorong Petani Binaannya Kreatif Dan Inovatif

0
268
Listen to this article

TULANG BAWANG BARAT (DF) – Kabupaten Tulangbawang Barat selain memiliki hamparan lahan yang memiliki potensi pertanian yang luar biasa seperti Padi, Singkong, Jagung, perkebunan karet  serta Palawija ternyata juga kaya potensi sumber daya manusia (SDM)  di bidang penyuluhan pertanian.Salah satunya adalah Sulastri, wanita cantik ini selain menjalankan tugasnya sebagai pendamping dan pembina petani di wilayahnya juga memiliki kreativitas yang sangat bermanfaat bagi pembangunan pertanian di daerah ini.  Keterbatasan fasilitas yang dimiliki ternyata tidak membatasi kreativitas dan inovasi dalam menggeluti budidaya tanaman sayuran. Dengan menggunakan media pot atau mulsa, dirinya mempelopori budidaya tanaman sayuran Seledri bagi petani. Wanita energik yang memiliki nama lengkap ND Sulastri, SP ini dikenal sangat dekat dengan para petani, sehingga programnya dapat diterima masyarakat.

“Daun seledri salah satu jenis sayuran yang digunakan sebagai pelengkap masakan dan dapat dinikmati dalam keadaan segar maupun dimasak. Dan ternyata  sayuran ini  juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh,” kata Sulastri, melalui layanan WhatsApp pribadinya, Rabu (28/8).Ia mengungkapkan, menurut sejumlah penelitian Seledri memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori serta menyimpan berbagai vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung didalamnya antara lain Vitamin K, vitamin C, dan juga beberapa jenis vitamin B kompleks. Selain itu, terkandung juga beberapa mineral seperti kalium, mangan, magnesium, dan juga kalsium.

Baca Juga Berita  Si Jago Merah Lalap Rumah Warga

Maka tak heran jika disekitar rumahnya dengan menggunakan media mulsa Sulastri menggeluti budidaya daun seledri, dan nantinya akan dikembangkan secara luas yakni seluruh tiyuh binaannya. “ Nanti akan saya kembangkan secara luas hingga ke seluruh tiyuh binaan kita, sehingga para petani akan memiliki penghasilan tambahan dan bias menaikkan taraf hidup mereka,”ujarnya.

Sulastri sangatlah paham bahwa ternyata dunia pertanian itu bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan juga tren pasar.karena sistim pertanian modern memang mangacu kepada pasar (agribisnis). Itulah sebabnya dia berpendapat bahwa penyuluh tidak boleh statis, tapi harus mampu mengembangkan potensi diri serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) dengan berbagai cara.

Diketahui sayuran Seledri ternyata sangat kaya akan manfaat kesehatan antara lain, mampu menurunkan kadar kolesterol, meringankan nyeri sendi, menurunkan tekanan darah, meringankan ketidaknyamanan menstruasi, mencegah gigitan nyamuk, meningkatkan sistem pencernaan, mencegah infeksi saluran kemih, membantu menurunkan berat badan, sumber antioksidan, serta banyak manfaat lainnya.

Baca Juga Berita  Kapolresta Bandar Lampung Berikan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam

Daun seledri  lanjut dia, salah satu jenis sayuran yang digunakan sebagai pelengkap masakan dan dapat dinikmati dalam keadaan segar maupun dimasak. Dan ternyata  sayuran ini  juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut sejunkah penelitian Seledri memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori serta menyimpan berbagai vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain seperti vitamin K, vitamin C, dan juga beberapa jenis vitamin B kompleks. Selain itu, terkandung juga beberapa mineral seperti kalium, mangan, magnesium, dan juga kalsium.

Komitmennya untuk memajukan pembangunan sektor pertanian di daerah ini sangat besarn dengan berbagai inovasi telah diterapkan. Termasuk berbagai tumbuhan yang ia tanam di sekitarnya rumahnya di Jalan Raya Tirta Makmur kecamatan Tulangbawang Tengah kabupaten Tulangbawang Barat.( Gati Susanto).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here