Dalam Rangka Mendorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Winarti Luncurkan Program Kreatif Mandiri BMW

0
547
Listen to this article

TULANG BAWANG (DF)- Pada hakekatnya Pembangunan tidak hanya pembangunan infrastruktur, melainkan pembangunan pemberdayaan masyarakat, baik sosial, budaya dan ekonomi. Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai persoalan dan tantangan pembangunan perlu dijawab dengan suatu terobosan baru (kreatif).

Bupati Tulang Bawang, Winarti, melalui kepala Bappedalitbang Tulang Bawang Dicky Soerachman, mengungkapkan bahwa Pembangunan sangat membutuhkan partisipasi masyarakat. Untuk itu pemerintah daerah berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat melalui strategi peningkatan pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera. Kesejahteraan masyarakat pedesaan dapat tercapai jika ditopang dengan kemandirian, terutama kemandirian ekonomi. Dalam upaya mendorong kemandirian dan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, winarti meluncurkan terobosan baru berupa Program Kreatif Mandiri BMW. Merupakan Program yang  mendorong adanya gerakan dari, oleh dan untuk masyrakat guna menumbuhkan kreatifitas dalam memanfaatkan potensi dan pranata sosial khas yang ada dalam rangka peningkatan keberdayaan sosial ekonomi masyarakat untuk mencapai kemandirian”

Baca Juga Berita  Janji Winarti Tinggal Janji Dan Tak Lebih Dari Janji "Kompeni"

Tujuan program ini adalah meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam setiap proses pembangunan daerah dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengajak kebersamaan masyarakat kampung agar warganya mempunyai semangat membangun yang tinggi, perluasan lapangan kerja dan usaha ekonomi kreatif, pemberdayaan perempuan dan peningkatan pendapatan keluarga, meningkatkan kewirausahaan dan pendapatan masyarakat kampung serta meningkatkan semangat gotong royong.

Sedangkan Sasaran program ini adalah Kelompok pemuda/karang taruna, kelompok pengajian muslimat dan kelompok usaha wanita pada masyarakat kampung se-Kabupaten Tulang Bawang, dimana setiap kelompok diberikan bantuan dana stimulan sebesar 20 Juta Rupiah.

Baca Juga Berita  Ultah Istri Ke 32 ini Yang Di Lakukan Letkol Inf.kohir

Adapun ruang lingkup usahanya dapat beruapa Usaha Agribisnis Peternakan, Perikanan, Tanaman Hortikultura, Usaha Kerajinan, Usaha Jasa dan Perdagangan, dan Usaha Ekonomi Produktif lainnya,  diutamakan berbasis potensi dan melibatkan masyarakat setempat.

Selain pemberian bantuan dana stimulan, Pemkab. Tulang Bawang melalui OPD terkait juga memberikan pendampingan dan pembinaan sejak perumusan rencana bisnis dan seterusnya.

Sebagai closing statemen, kepala Bappedalitbang mengajak masyarakat untuk menjadikan program  Kreatif Mandiri BMW menjadi wahana Kebersamaan Untuk Berbuat Kebaikan Menuju Kampung Mandiri. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here