Listen to this article

TULANG BAWANG  –  Kodim 0426 Tulang Bawang menggelar sosialisasi virus corona, dengan mengusung tema, tentang mewabahnya, bahaya dan antisipasi pencegahan kepada prajurit, PNS, Persit Kodim 0426 Tulang Bawang, yang dilaksanakan di gedung Kartini, jalan lintas timur Menggala, Kamis (30/1/2020).

Dalam sambutannya, Kodim 0426 Tulang Bawang, Kohir, menyampaikan, bahwa belakangan ini, Indonesia dihebohkan oleh mewabahnya virus corona, salah satu virus yang mematikan asal Kota Wuhan, China, dikabarkan telah memakan korban mencapai 106 orang, dan jumlahnya pun terus meningkat hingga saat ini.

”Karena itu, kita melakukan antisipasi lebih awal, agar perpindahan anggota Kodim dari satu daerah ke daerah lain, dapat menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit, jangan sampai ada anggota dan warga sekitar terpapar virus yang mematikan ini,”terang Kohir.

Baca Juga Berita  Satlantas Polres Tulang Bawang Tilang Ratusan Pelanggar di Jalintim

Sementara Dinas Kesehatan Tulang Bawang dr. Dian memaparkan, virus corona merupakan virus berbahaya dan mematikan, corona memiliki perbedaan dibandingkan virus lainnya, yakni virus corona mempunyai kemampuan untuk memberikan dampak fatal bagi pengidapnya.

”Virus ini dapat merusak kinerja paru-paru yang menyebabkan pneumonia, yaitu peradangan akibat virus serta mikroorganisme lain. Selain itu, pertukaran oksigen menjadi sulit dan pengidapnya akan mengalami kegagalan pernapasan,”ungkap dr. Dian.

Baca Juga Berita  Kunjungi Bupati Winarti, Danlanud Beri Hadiah

Untuk sementara, Lanjut dr. Dian, para ahli kesehatan medis masih meneliti lebih lanjut mengenai virus korona yang telah menyebar di berbagai negara. Sebagian besar gejala awal dirasakan seperti batuk, flu, demam, dan sesak napas. Namun, menurut dokter kesehatan yang melakukan penelitian di Hong Kong, orang yang terkena virus corona bisa saja sakit tanpa gejala umum seperti pengidap sebelumnya.

”Untuk antisipasi, jaga kebersihan lingkungan, cuci tangan sebelum makan, pakai masker kalau melakukan keluar kota, diupayakan jangan melakukan kontak dengan orang asing,”tutur dr. Dian. (sdi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here