Dengan Melakukan 6 Cara Mudah Membuat Rumah Bebas Nyamuk

0
445
Listen to this article

JAKARTA – Nyamuk saat musim ini merupakan jenis nyamuk yang dapat menyebabkan orang menderita demam berdarah dan penyakit lainnya. Hindari risiko tersebut dan berikan perlindungan kepada keluarga dari serangan serangga ini.

Musim hujan membawa banyak nyamuk yang menyebabkan siapa saja berlomba mencari cara mengusir nyamuk di rumah.  Apakah di rumah anda juga banyak nyamuk?

Dengan melakukan 6 cara mudah, kamu akan membuat rumah bebas nyamuk.

  1. Membersihkan perabotan rumah

Cara pertama rumah bebas nyamuk adalah membersihkan perabotan rumah. Saat musim pancaroba seperti ini, Moms harus rajin-rajin membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, ada penampung air lemari es. Selain itu, periksa juga kasa jendela rumah. Pastikan tidak ada lubang yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah.

  1. Mencegah adanya genangan air

Bila rumah kamu memiliki pekarangan rumah, pastikan untuk membersihkan genangan dari sisa-sisa air hujan. Perhatikan juga talang air dan berbagai tempat yang mungkin menjadi genangan air setelah hujan. Pasalnya, menghilangkan genangan air sama saja dengan menghilangkan kesempatan nyamuk berkembang biak. Dengan cara ini, rumah bebas nyamuk tidak menjadi impian saja.

  1. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk
Baca Juga Berita  Sidang Paripurna DPRD Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati tahun 2018 di Tunda,

Pelihara ikan pemangsa jentik nyamuk merupakan salah satu cara rumah bebas nyamuk. Genangan air memang harus disingkirkan, namun lain halnya dengan kolam di pekarangan rumah. Diyakini, ikan-ikan yang berada di kolam bisa memakan jentik nyamuk. Namun, tetap perhatikan kebersihan kolam ikannya ya!

  1. Gunakan anti-nyamuk alami dan kelambu saat tidur

Daripada menggunakan bahan kimia yang bisa saja mempunyai dampak berbahaya jangka panjang, lebih baik dan aman jika menggunakan wewangian yang dipercaya bisa menyingkirkan nyamuk dari rumah misalnya minyak kayu manis, minyak rosemary,dan minyak peppermint. Tambah, gunakan kelambu di kamar tidur Moms agar terhindari dari gigitan nyamuk.

  1. Bunga pengusir nyamuk
Baca Juga Berita  Bupati Tulang Bawang Resmikan Rehab Dan Pembangunan Aula Kantor Persatuan Wartawan Indonesia

Benar, bunga juga dapat mengusir nyamuk. Marigold, Ageratum, Lemon Geranium, dan Lavender adalah sekumpulan bunga yang dibenci oleh nyamuk. Selain bunga, tanaman herbal seperti rumput Citronella, Tansy, dan Kemangi juga bisa ditanam sebagai pengusir nyamuk.

  1. Hindari kebiasaan menggantung pakaian

Tanpa disadari, kebiasaan ini ternyata dapat menjadi tempat nyamuk untuk beristirahat. Mulai sekarang jangan lagi menggantung pakaian di belakang pintu atu di dinding. Lebih baik langsung meletakkannya di bak cuci baju setelah selesai dipakai. Lakukan cara mudah di atas untuk rumah bebas nyamuk. (tim/mgg)

Artikel ini telah tayang dilaman Nakita.grid.id dengan judul Musim Hujan dan Muncul Banyak Nyamuk, Ini Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Agar Tak Jadi Penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here