Fatoni : RSUD Menggala Siapkan Satu Ruangan Isolasi Khusus Covid-19

0
916
Listen to this article

TULANG BAWANG – Menindaklanjuti laporan adanya warga Tulang Bawang yang baru pulang dari luar negeri, maka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang, H. Fatoni, SKep., MM menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala pada saat ini telah menyiapkan satu ruangan khusus atau ruangan isolasi. Disampaikan Fatoni diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Ruangan tersebut dipersiapkan sebagai upaya penanganan apabila ada masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang yang memiliki ciri-ciri terinfeksi virus corona atau Covid-19, sebelum di rujuk rumah sakit yang telah ditunjuk Kementerian Kesehatan,”ungkap Fatoni.

Di Provinsi Lampung terdapat empat rumah sakit yang ditunjuk Kementerian Kesehatan yang dapat menerima rujukan untuk perawatan masyarakat yang mengalami infeksi virus corona. Ke empat rumah sakit tersebut adalah RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung, RSUD Bob Bazar Kalianda Lampung Selatan, RSUD Mayjen HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara, dan RSUD Ahmad Yani Kodya Metro.

Baca Juga Berita  Akibat Hendak di Tilang diduga Oknum Angota DPRD Tubaba Meradang

langkah pertama yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona masuk ke Tulangbawang yakni melakukan kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Panjang dan Bandara Raden Inten ll. Melalui kerja sama itu, pihak dinkestuba kemudian mendapatkan informasi bahwa ada warga Tulangbawang yang baru datang dari luar negeri.

“Berdasarkan informasi bahwa di kantor KKP tersebut telah dilakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat bagi setiap warga yang baru datang dari luar negeri. Bila hasil pemeriksaan yang dikirim ke provinsi dan kabupaten ada yang dicurigai terinfeksi virus corona, maka akan langsung dilakukan isolasi di kantor KKP tersebut dan belum diperbolehkan pulang ke daerah asalnya sampai hasil pemantauan dan pemeriksaan virus corona dinyatakan negatif,”ujar Fatoni.

Baca Juga Berita  Winarti : Penyegaran di Birokrasi Berikan Inovasi Untuk Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.

Hasil pantauan Dinas Kesehatan Kabupatrn Tulang Bawang bahwa berjumlah 49 warga Tulangbawang yang baru pulang dari luar negeri, termasuk 27 orang diantaranya adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan sudah dipastikan dalam kondisi sehat.

Pemantauan pihak Dinas Kesehatan akan terus dilanjutkan melalui Tim surveilans puskesmas terutama di wilayah Kecamatan Penawartama, Gedung Aji Baru, Banjar Agung, Gedung Aji, Menggala, Banjar Margo, Meraksa Aji, Gedung Meneng, Penawar Aji, Rawajitu Selatan, dan Kecamatan Dente Teladas. Tim surveilans puskesmas di kecamatan tersebut melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang baru tiba dikampung halamannya tersebut, dan sampai dengan sejauh ini, dari hasil pemantauan puskesmas keadaan mereka dalam kondisi sehat semua. (sdi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here