Pendataan Sensus Penduduk Dimulai

0
268
Listen to this article

KALIANDA, (DF) – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Selatan, Tri Kuntjoro dan petugas sensus penduduk, di Ruang Pertemuan Rumah Dinas Bupati (Rumdin) setempat, Selasa (01/09/2020).

Kedatangan petugas sensus ke kediaman orang nomor satu dilampung selatan itu bertujuan untuk memverifikasi data sensus penduduk. Dimana saat ini, mulai tanggal 1 – 15 september 2020 pendataan sensus penduduk telah dilakukan serentak Se-Indonesia.

Bupati Nanang Ermanto menyambut baik kedatangan 13 orang petugas sensus penduduk tersebut. Nanang juga secara kooperatif memberikan data berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada petugas untuk dilakukan kecocokan data/verifikasi.

Bupati Nanang mengatakan agar BPS dan Dukcapil dapat bersinergi sehingga data seluruh penduduk di lampung selatan akurat dan tidak ada yang memiliki data ganda.

“Ini saya serahkan data keluarga saya untuk di cek dan diverifikasi keakuratannya. Saya harap antara BPS dan Dukcapil dapat saling bersinergi, sehingga data-data masyakarat lamsel ini akurat tidak ada yang ganda,” Ujarnya.

Baca Juga Berita  Polres Tulang Bawang Tanam 2.500 Pohon Mangrove, Kompol Suharto : Ini Sebabnya

Bupati Nanang juga mengimbau kepada masyarakat lamsel, untuk dapat memberikan informasi yang akurat kepada petugas sensus dan membantu kelancaran kegiatan sensus di lapangan.

“Saya menyampaikan bahwa hari ini tanggal 1 sampai 15 september 2020, pemerintah akan melaksanakan sensus penduduk tahap verifikasi data penduduk. Untuk itu saya mengimbau kepada warga lamsel untuk dapat memberikan informasi yang akurat kepada petugas sensus guna membantu kelancaran kegiatan sensus tersebut,” Tuturnya.

Pada kunjugan tersebut, Kepala BPS Lamsel, Tri Kuntjoro mengatakan kegiatan sensus pada tahapan verfikasi dimaksudkan untuk mengecek valid tidaknya data penduduk di lamsel.

“Kami telah menurunkan petugas sensus dilapangan di seluruh wilayah lamsel secara bergiliran, petugas kami datang dari rumah-kerumah. Jadi ketahuan jika ada warga yang berdomisili di jati agung tetapi KTPnya KTP bandar lampung,” Ucapnya.

Baca Juga Berita  Bupati Tulang Bawang Resmikan Masjid Jami' Darussalamah.

“Dan mungkin juga, nanti jika ada dalam satu keluarga terdapat dua KK. Untuk itu kami melakukan verifikasi kelapangan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil, Edi Firnandi mengatakan, pihaknya telah melakukan penertiban data ganda di seluruh wilayah lampung selatan.

“Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak bisa dobel, untuk data KK kami telah melakukan penertipan dengan cara menghapus data ganda di seluruh wilayah lampung selatan pada data sistem kami. Insya Allah data penduduk dilampung selatan akurat,” jelasnya.

Setelah melakukan verifikasi data, Kepala BPS Lamsel, Tri Kuntjoro memberikan penghargaan dari BPS Provinsi Lampung kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan yang diterima oleh Bupati lamsel, H. Nanang Ermanto.

Dimana, penghargaan tersebut diberikan atas partisipasi Pemerintah Daerah dalam menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020, sehingga Provinsi Lampung berhasil mencapai kinerja response rate Sensus Penduduk Online melebihi target yang telah ditetapkan. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here