i Lapas Kalianda, Bu Win Ajarkan Sulam Tapis Bagi Warga Binaan

0
414
Listen to this article

KALIANDA, (DF) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Selatan, beri pelatihan Sulam Tapis bagi sejumlah Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kalianda, Selasa (15/09/2020).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II Kalianda, Tetra Destori Imantoro mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap semoga bisa menjadi bekal bagi Warga Binaan setelah nanti kembali ke keluarga dan masyarakat

“Tiga Pilar utama dalam Lembaga Pemasyarakatan, yang pertama Petugas, yang kedua Warga Binaan dan yang ketiga Masyarakat dan Pemerintah. Alhamdulillah Dekranasda melihat skill dan keahlian keterampilan para Warga Binaan, kepada Warga Binaan manfaatkan dan maksimal kesempatan belajar ini,” ujar Tetra.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Lamsel, Winarni Nanang Ermanto mengatakan, pelatihan pembuatan sulam tapis ini merupakan salah satu upaya pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Lapas Kelas II Kalianda.

Baca Juga Berita  Kejati Lampung Lakukan Penggeledahan di Kantor Inspektorat Lamsel

“Semoga melalui kegiatan pelatihan kemandirian ini, dapat meningkatkan keterampilan bagi para warga binaan, sehingga ke depan dapat memiliki jati diri yang baru dan siap menjadi manusia yang mandiri dan dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat,” katanya.

Dirinya melanjutkan, Sebagai salah satu Kabupaten dengan pusat perekonomian terbesar di Provinsi Lampung, tentunya banyak perusahaan baru yang berdiri, sehingga banyak peluang usaha yang bisa didapatkan.

“Akan tetapi dengan catatan kita harus memiliki kualitas SDM yang handal. Oleh karena itu dengan kegiatan pelatihan kemandirian seperti ini dapat mewujudkan sebuah kemandirian bagi warga binaan,” terangnya.

Baca Juga Berita  Operasi Lilin, Polres Lamsel Amankan 34 Tersangka Kejahatan

Lalu, dengan modal keahlian dan keterampilan Sulam Tapis yang dimiliki para Warga Binaan nantinya, bisa membuka peluang usaha kelak setelah kembali berbaur dengan masyarakat.

“Mari kita jadikan kegiatan pelatihan kemandirian pembuatan sulam tapis ini, sebagai sarana peningkatan keterampilan kerja berbasis masyarakat yang dapat memberikan sumbangsih pada Pemerintah Daerah melalui Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan,” jelasnya.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh Warga Binaan, untuk dapat mengikuti pelatihan utu dengan serius, karena hasil yang diperoleh dari pelatihan ini akan sangat bermanfaat bagi semua.

“Teruslah berkarya, semoga dengan keahlian sulam tapis akan dapat meningkatkan taraf hidup Warga Binaan ketika telah kembali pada keluarga dan masyarakat,” pungkas Winarni. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here