Ketua DPRD serta Ketua Komisi III Hadiri Panen Raya Sekaligus Launching Program Kartu Petani Berjaya (KPB)

0
64
Listen to this article

TULANG BAWANG – Ketua DPRD Tulang Bawang Sopi’i, S.H.,M.H, serta Ketua Komisi III Marjoko, S.H hadiri Panen Raya Padi Inbrida Varietas Impara 2 di Lahan Cetak Sawah 2016 dan Optimalisasi Lahan 2019,  sekaligus Launching Program Kartu Petani Berjaya (KPB) oleh Gubernur Lampung diwakili Oleh Sekda Prov Lampung Serta Pembagian Bibit Hortikultura dan Benih Padi, di Kampung Sumber Agung Kec. Rawapitu Kab. Tulang Bawang, Rabu (19/05/2021)

Pada acara Launching Kartu Petani Berjaya (KPB), Sekda Prov Ir. Fachrizal Darminto., MA menyerahkan KPB KUR secara simbolis. Launching Kartu Petani Berjaya (KPB), ini ditandai dengan pemukulan kentongan yang dilakukan oleh Sekda Prov Ir. Fachrizal Darminto., MA dan unsur Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang.

Setelah Launching Kartu Petani Berjaya (KPB), Sekda Prov Ir. Fachrizal Darminto., MA dan unsur Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang melakukan Panen Raya secara simbolis dengan Combine Harvester, melakukan olah lahan menggunakan traktor roda 4, dan tanam dengan rice transplanter.

Baca Juga Berita  Satlantas Polres Tulang Bawang Kembali Gelar Razia di Pasar Unit 2, Ini Hasilnya

Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris daerah  Ir. Fachrizal Darminto saat arahannya mengatakan, saat ini Kementerian Pertanian RI telah menetapkan Provinsi Lampung Sebagai Lokomotif pertanian Indonesia.

Melalui Kartu Petani Berjaya diharapkan Para petani Mendapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi, akses pemodalan atau pembiayaan, pembinaan usaha dan teknologi, pemasaran Hasil, penanganan pasca panen dan sebelum, asuransi dan jaminan sosial dan pendidikan bagi anak petani yang berprestasi.

“Januari – April 2021 sebesar 68.005 ton padi meningkat dari Tahun Sebelumnya sebesar 24.801 Ton, disebabkan karena meningkatnya luas panen dari 7.793 Ha pada Tahun 2020 menjadi 21.370 Ha pada Tahun 2021. Kami berharap kabupaten Tulangbawang tetap mempertahankan bahkan meningkatkan hasil produksi dan produktivitas padi guna mendukung ketahanan Pangan Diprovinsi Lampung”tuturnya.

“Pertanian adalah kekuatan sebuah Negara. Kalau mau lihat Negara Baik, maka lihatlah seperti apa pertanian itu. Begitu juga kalau mau melihat Desa, Kecamatan dan suatu Daerah baik, maka lihatlah pertaniannya,” tambahnya.

Baca Juga Berita  Dinas PPPA Tulang Bawang Lakukan Pembinaan dan Monitoring Usaha Ekonomi Produktif

Untuk itu, diharapkan Kabupaten Tulang Bawang tetap mempertahankan bahkan meningkatkan hasil produksi dan produktivitas padi guna mendukung ketahanan Pangan di Provinsi Lampung.

Sementara Ketua DPRD Tulang Bawang Sopi’i, S.H.,M.H juga menjelaskan, “Selama ini kami mendukung, pertanian harus makin maju, mandiri dan modern. Dan ketiganya hadir di Kartu Petani Berjaya. Tinggal mendorong implementasinya,” terang Ketua.

Sopi’i berharap pertanian akan menjadi fokus di Tulang Bawang yang harus di BackUp semua pihak dengan penajaman sasaran yang kuat.

“Fokus ini tidak hanya ada di Bupati, tapi hadir di semua orang yang ada di Tulang Bawang. Artinya Visi besar ini harus terkristalisasi. Disemua Instansi dan Sektor yang ada di Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang,” jelasnya.

Turut Hadir Sekda Prov. Ir. Fachrizal Darminto., MA, Kadis pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Perkebunan dan Ketua Tim Kartu Petani Berjaya , Prof.Dr.Ir. M Yusuf Sulfaran Barusman., MBA, Forkompimda Kab. Tuba Dandim 0426 Tuba, Kapolres, dan Kajari. (sdi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here