Mantan Peratin Lumbok Timur Di Amankan di Propinsi Banten Terkait Dugaan Kasus Korupsi

0
314
Listen to this article

Lampung Barat Delik Fokus– mantan Peratin (Kepala Desa) Lumbok Timur (MR)50th, tersangka dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran pendapatan dan belanja pekon ( APBpekon ) Lumbok Timur Kecamatan Lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat tahun 2021 di aman kan Satuan Reserse Kriminal Polres Lampung Barat.

Kasat Reskrim Akp M.Ari Satriawan,SH, MH, mendampingi Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho,S.IK, MH, menjelaskan,”benar pada hari Selasa tanggal 20 September 2022 Sat Reskrim Polres Lampung Barat telah berhasil menangkap tersangka korupsi MR (50), di Desa Bojongcae Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Provinsi Banten,”kata Ari pada Rabu (21/09/2022).

“Tersangka (MR) merupakan mantan peratin yang menjabat dua periode, dari tahun 2009 s/d 2015 dan tahun 2016 s/d Maret 2022 di Pekon ( Desa) Lumbok Timur Kecamatan Lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat.

Baca Juga Berita  Gison Berharap 655 Relawan Tanggap Bencana Dibantu Menggunakan Dana Desa

Ari menuturkan bahwa pada hari Senin, tanggal 19 September 2022 setelah dilakukan gelar perkara “Penetapan Tersangka” (MR) di Polda Lampung, dalam perkara tindak pidana korupsi (APBPekon) dibidang pelaksanaan pembangunan Pekon tahun 2021, di Pekon Lumbok Timur Kecamatan Lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat.

Tersangka MR telah melakukan pembangunan drainase, tembok penahan tanah (TPT) dan pembangunan lanjutan (rehab) balai pekon.

Dan anggaran untuk pembangunan tersebut telah dicairkan namun penggunaannya tidak sesuai dan diduga digunakan untuk kepentingan atau keuntungan pribadi dan telah dibuatkan laporan pertanggungjawaban seolah – olah dilaksanakan sesuai rencana anggaran biaya (RAB),”jelas Ari.

Baca Juga Berita  DPRD dan Para Kepala OPD, Dukung Percepatan City Branding Metro

Dan sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 UU RI nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Kemudian Unit Idik III Sat Reskrim Polres Lampung Barat yang dipimpin langsung oleh Akp M. Ari SATRIAWAN, S.H., M.H., selaku Kasat reskrim melakukan pengumpulan informasi terkait keberadaan tersangka.

Setelah mengetahui keberadaan tersangka, Tim Sat Reskrim Polres Lampung Barat mendatangi rumah yang diduga dihuni oleh tersangka (MR) dan dilakukan pengecekan identitas, kemudian (MR) dibawa ke Polsek Cibadak untuk dilakukan introgasi dan dibawa menuju Polres Lampung Barat untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.(Hari).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here