Sebanyak 88 Wartawan Muda Ikuti Diklat Penguatan Kompetensi Wartawan

0
233
Listen to this article

Bandar Lampung – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulang Bawang mengirimkan 16 peserta untuk mengikuti Diklat penguatan kompetensi wartawan muda yang digelar di Balai H. Solfian Akhmad. Sabtu 24 Juni 2023.

Acara yang dilaksanakan oleh PWI Provinsi Lampung di ikuti oleh 88 peserta dari berbagai daerah.

Adapun, tujuan digelarnya Diklat tersebut guna meningkatkan mutu dan martabat pers bagi wartawan muda melalui pendidikan dan pelatihan.

Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengatakan, pelaksanaan diklat wartawan muda merupakan persyaratan awal bagi wartawan yang ingin bergabung menjadi anggota biasa di PWI

“Dalam diklat ini, peserta akan diberi materi terkait sejarah PWI, kode etik jurnalistik hingga pembekalan dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan,” kata Wirahadikusumah.

Baca Juga Berita  Sekretaris DPD AWPI Lampung Merasa di dzolimi

Dia menjelaskan, jika nantinya peserta diklat memutuskan untuk bergabung, kegiatan ini merupakan titik awal untuk memasuki gerbang dan mengenal organisasi bernama PWI.

“Peserta akan ditunjukkan bagaimana peningkatan sumber daya manusia di dunia jurnalistik dan mengenal lebih dekat organisasi profesi wartawan tertua di Indonesia dengan,” jelasnya.

Selain itu, Wira menyampaikan, peserta diklat juga akan diberikan dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita serta mengenal dan memahami foto jurnalisme.

Dia berharap, seluruh peserta benar-benar mengikuti kegiatan diklat dan memperhatikan serta mencermati materi yang diberikan agar dapat dijadikan pedoman dalam bertugas.

Baca Juga Berita  Indikasi Celah Kecurangan Berpotensi Korupsi

“Sehingga pada saat melaksanakan tugas-tugas jurnalistik di lapangan tidak melenceng dari apa yang sudah ditentukan,” tegasnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Lampung Budi Setiawan menyampaikan, seluruh peserta yang mengikuti diklat PWI dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat dalam melaksanakan peliputan berita di lapangan.

“Wartawan harus pandai merekonstruksi berita melalui reportase yang kuat dan memverikasi informasi serta menjadikannya sebuah berita yang menarik sehingga mudah dipahami,” kata Budi mewakili Pelaksanaan Harian (Plh) Kepala Diskominfotik Achmad Saefullah.(Saidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here