Dinas Komunikasi Dan Informatika Kaur Menggelar Seminar Tentang Digitalisasi Desa

0
150
Listen to this article

KAUR (delikfokus.com), Dinas Komunikasi Dan Informatika Kaur Menggelar Seminar Tentang Digitalisasi DesaDelikfokus.com, KAUR – Kaur Menuju Digitalisasi, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan cara mengikuti perkembangan zaman, maka pemerintah daerah melalui dinas Kominfo menggelar acara Seminar Digitalisasi Desa, bertempat di aula lantai III Gedung Sekretariat Daerah, Kamis (20/7/2023 ).

Kegiatan tersebut di gelar secara offline dan online. dan acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur Dr. Ersan Syahfiri, M.M.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kominfo M. Jarnawi, M. Pd, Kepala Dinas PMD Asdyarman, s. Sos, Camat Kaur Selatan Renra Agung, S. STP serta Kepala Desa Tanjung Ganti I dan Sejumlah Kepala Desa yang ada di Kecamatan Kaur Selatan. kegiatan ini diikuti juga oleh Camat se- Kabupaten Kaur Secara online.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur memberikan apresiasi terhadap acara seminar ini, ia berharap seminar ini juga dapat menambah pengetahuan serta manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat yang ada di setiap desa di kabupaten Kaur, sehingga secara umum menjadikan kabupaten Kaur maju dan semakin digital, ujarnya.

Ucapan terima kasih kepada dinas kominfo yang telah mengadakan seminar digitalisasi ini, hal ini tentu sangat bagus untuk mengembangkan sistem digitalisasi di kabupaten kaur. Terutama inovasi yang telah diterapkan melalui program digitalisasi di salah satu desa di kaur beberapa waktu yang lalu, ungkap Ersan.

Baca Juga Berita  DPD APPI Minta Polres Kaur Segera Proses Kepala Desa Benua Ratu Hina Wartawan

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Kaur M. Jarnawi, MT.Pd mengatakan, betapa pentingnya penerapan digitalisasi didalam kehidupan sehari – hari. Digitalisasi ini sangat penting, terutama untuk merubah mindset dan menyamakan persepsi dari yang selama ini sifatnya analog, mari kita mulai beralih ke digital,” ujar Jarnawi.

Setiap desa di kabupaten kaur secara bertahap untuk bisa menerapkan sistem digital desa, supaya dalam melayani kebutuhan warga lebih cepat dan efisien, apalagi lagi nanti disetiap desa sudah memiliki aplikasi atau web desa, dengan adanya hal tersebut. Maka dapat mempermudah akses pelayanan kepada masyarakat mengenai informasi yang dibutuhkan, dan tentunya mempunyai banyak sekali manfaat dan bisa terkoneksi langsung dengan sejumlah dinas – dinas yang ada di kabupaten Kaur.

“Misalnya mempermudah pengurusan KK, AKTE Kelahiran dan KTP tidak perlu datang lagi ke Kantor Dinas terkait, dan juga dinas – dinas lainnya sesuai keperluan masing – masing, masyarakat juga bisa merasakan manfaat kemudahan lainnya seperti disektor UMKM. Namun hal tersebut bisa terwujud apabila disertai dengan SDM yang berkualitas,” imbuhnya.

Kadis Kominfo juga menggambarkan potensi SDM yang dimiliki oleh Dinas Kominfo Kaur. Bahwasanya di Dinas Kominfo Kaur sudah banyak melakukan perubahan disektor digital, dengan di aktifkan nya berbagai media sosial seperti website, fanpage, Twitter, face book, tik tok dan instagram milik pemerintah daerah yang dijalankan oleh talenta – talenta muda Media Center Kaur.

Baca Juga Berita  Pemkab Kaur" Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 Secara Virtual

Oleh karena itu Kadis Kominfo berharap dengan mengikuti seminar ini setiap Kepala Desa di Kaur bisa mencari dan memberdayakan talenta – talenta mudanya untuk menjalankan website atau aplikasi desanya masing – masing,” ungkap Jarnawi saat memberikan materi dalam seminar.

Selain Kepala Dinas Kominfo dalam Seminar tersebut dihadirkan narasumber dari PT. Anderomeda Solusi Digitalisasi yakni Muhammad Saeful Aswadi, S.T yang menjabat sebagai Direktur di PT tersebut.

Muhammad Saeful Aswadi, S.T dalam paparan materi yang mengatakan, berbagai manfaat yang bisa didapatkan apabila suatu desa sudah menerapkan sistem digitalisasi, diantaranya adalah pekerjaan Kades beserta perangkatnya lebih efektivitas, potensi yang dimiliki desa dan akan lebih maksimal, terangnya.

Terciptanya prinsip berkeadilan, lebih administratif dan informatif serta dapat membantu percepatan peningkatan pembangunan desa. Kita berkomitmen, siap membatu kabupaten Kaur mewujudkan kabupaten Kaur yang maju dan lebih informatif melalui program digitalisasi desa.

Program digitalisasi desa yang di gagas oleh Dinas Kominfo Kabupaten Kaur untuk mewujudkan Kaur Semakin Digital Semakin BERSERI ini memiliki potensi yang sangat penting dalam percepatan peningkatan pembangunan desa, tutup M. Saeful Aswadi. ( Anton )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here