Nyaris Roboh Gedung RKB SDN 1 Sukamaju Masih Berdindingkan Papan, Komite Minta Pemerintah untuk Dibangun Kembali

0
139
Listen to this article

TANGGAMUS (Delikfokus) – Kondisi Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamaju di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, sangat memperhatinkan.

Sekolah yang berdiri dari tahun 1982, hingga kini masih berdindingkan papan dan bertiangkan kayu.

Tak hanya itu, gedung tempat aktivitas belajar mengajar masih berdinding papan, dan juga tidak memiliki kantor untuk para guru dan siswa.

Suparmo, salah seorang guru SDN 1 Sukamaju mengatakan, kondisi bangunan gedung yang masih berdindingkan papan dan bertiangkan kayu tersebut sudah sangatlah lapuk. Menurutnya, dengan kondisi saat ini sudah tidak layak digunakan untuk proses belajar mengajar.

Baca Juga Berita  Bupati Hadiri Paripurna Pengesahan RKUA dan PPAS Kab. Tulangbawang (TA) 2020,

“Kalau kondisinya saat ini sudah tidak layak dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar, ada rasa khawatir dan kecemasan akan terjadi hal yang tidak disangka-sangka, intinya sudah tidak ada rasa kenyamanan dalam KBM,” kata Suparmo, Rabu (28/6/23).

Hal tersebut juga diamini oleh salah satu wali murid SD setempat, Iwan Novianto, yang mengatakan bahwa kondisi gedung sekolah yang terlihat sudah miring seperti akan roboh menjadikan wali murid cemas.

“Sudah tidak memadai untuk dipergunakan, kondisinya sudah miring karena bangunan sudah tua, apalagi cuaca di sini ekstrim kalau musim angin. Belum lagi anginnya sangat kencang. Takut anak-anak di dalam gedung sekolah kenapa-kenapa kalau ada angin kencang,” timpalnya.

Baca Juga Berita  Program Sembako BPNT, Beredar Video Oknum Anggota Polres Pringsewu Hasut E-warung Abaikan Kebijakan Tim Koordinasi Kabupaten Daerah

Terpisah, Widodo Sabililah Komite SDN 1 Sukamaju meminta serta berharap kepada intansi pemerintah daerah maupun pusat agar memperhatikan serta mempertimbangan untuk segera dibangun gedung yang baru. Mengingat dengan keadaan kondisi yang sekarang sudah tidak laik digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar.

“Kami minta agar sekolahan ini segera dibangun oleh pihak-pihak instansi dari pemerintahan daerah maupun pusat, agar dalam proses belajar mengajar siswa-siswi berjalan dengan baik dan tenang, kemudian orang tua wali murid dan kami selaku komite merasa aman dan nyaman,” harapnya.(Naf’an)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here