Upaya Sukseskan Pemilu 2024, Inilah Hal Yang Telah Dilakukan Polres Lampung Timur

0
118
Listen to this article

LAMPUNG TIMUR, delikfokus.com – Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang di seluruh Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Lampung Timur.

Menyikapi hal tersebut, Polres Lampung Timur Polda Lampung telah mempersiapkan pengamanan sejak jauh-jauh hari guna antisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Lampung Timur AKBP M. Rizal Muchtar mengatakan, Pemilu dan Pilpres merupakan Pesta Demokrasi besar bagi masyarakat, maka diperlukannya kesiapan pengamanan yang ekstra.

“Ini adalah hajat besar, hajat masyarakat maka kami perlu melakukan pengamanan yang ekstra dan tentunya berbasis pelayanan,” ujar Alumni Akademi Kepolisian Tahun 2002 tersebut.

Operasi Mantap Brata Krakatau 2023
Dilaksanakannya Operasi Mantap Brata merupakan kegiatan yang dilaksanakan guna pengamanan Pemilu. Melibatkan sebanyak 537 Personel Kepolisian, Operasi Mantap Brata sendiri dilaksanakan selama 74 hari di Tahun 2023 dimulai pada 19 Oktober hingga 31 Desember 2023. Kegiatan ini berkonsep keterpaduan antara Polri, TNI, Penyelenggara Pemilu serta Pemerintah Daerah dengan jenis operasi pemeliharaan keamanan yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan penegakan hukum.

Baca Juga Berita  Pastikan Kesehatan Petugas Pleno PPK, Si Dokkes Polres Mesuji Memberikan Pelayanan Kesehatan Saat Sidang Pleno

Operasi Mantap Brata sendiri dilaksanakan disetiap tahapan penyelenggaraan Pemilu termasuk pengamanan Gudang Logistik Pemilu, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) yang dijaga ketat Pesonel Kepolisian selama 24 jam.

Peningkatan kemampuan Pengendalian Masa (Dalmas)
Upaya peningkatan kemampuan juga dilaksanakan oleh Polres Lampung Timur salah satunya kemampuang pengendalian masa {Dalmas).
Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh seluruh Personel Polres Lampung Timur guna mere-fresh kemampuan serta meningkatkan kekuatan fisik sehingga apabila diperlukan dalam tahapan-tahapan Pemilu, cara pengendalian masa dapat dilaksanakan secara maksimal.

Baca Juga Berita  Simpan Barang Haram, Dua Warga Labuhan Maringgai Di Ringkus Petugas.

Inovasi Cooffe Morning
Menjalin sinergitas dan integritas baik Polri, TNI, Penyelenggara Pemilu serta Pemerintah Daerah setempat, Kapolres Lampung Timur berinovasi melaksanakan pertemuan dan obrolan santai dengan unsur tersebut yang dimana kegiatan tersebut dinamai Coffe Morning.
Cooffee Morning telah dilaksanakan pada 5 Desember 2023 lalu di Way Kambas Lounge Mako Polres Lampung Timur. Kegiatan itu dilaksanakan obrolan santai pembahasan pelaksanaan Pemilu dan Pilpres.

Kapolres berharap beberapa pelaksanaan kegiatan di 2023 guna mendukung terlaksananya Pemilu dan Pilpres 2024 dapat menjadi tolak ukur dan kesiapan agar pelaksanaan Pemilu dan Pilpres nantinya berjalan aman dan nyaman.(ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here