Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71 Di Gelar Kodim 0426 Tulang Bawang

0
451
Listen to this article

Tulang Bawang – Kodim 0426 Tulang Bawang menggelar upacara peringatan haru bela negara tahun 2019 di Makodim 0426, Menggala, Kamis (19/12/2019).

Bertindak sebagai Irup, Perwira Penghubung Kodim 0426 Mayor Arh Wahyudi memimpin upacara yang juga dihadiri para perwira staf jajaran, juga para anggota jajaran Kodim 0426. Dalam kesempatannya, Mayor Arh Wahyudi membacakan amanat Presiden RI.

Didalam amanat tersebut, dijelaskan jika semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan  Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukit Tinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara , berbagai wujud bela negara telah susul- menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Baca Juga Berita  KPU Tuba Tak Bayar Honor PPS Menggala,ini Dampaknya

“Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI. Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 saya telah menginstruksikan pelaksanaan rencana aksi nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tatanan di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian / lembaga dan Pemerintah daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia,” jelas Pabung.

Baca Juga Berita  Pantauan Harga Pangan Pokok Minggu ke-1 bulan April.

Masih amanat Presiden, bagi yang berbakti dalam birokrasi Pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik.(rls/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here