Turun Satu Tingkat, Lamsel Kini Zona Orange

0
137
Listen to this article

KALIANDA, – Sempat memasuki wilayah zona merah atau wilayah resiko penyebaran covid-19 pada beberapa waktu lalu, Kabupaten Lampung Selatan akhirnya masuk kategori wilayah zona orange.

Kategori tersebut berdasarkan penilaian gugus tugas pusat, yang terhitung sejak pertanggal 18 hingga 24 Januari 2021 kemarin.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kabupaten Lampung Selatan, Eka Riantinawati mengamini prihal kabar tersebut. Kabar itu, kata dia, baru didapatinya dari gugus tugas provinsi per Senin kemarin.

“Iya , Alhamdulillah ini baru dapat wa (WhatsApp.red) dari provinsi,” kata Eka Riantinawati, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya, Senin (25/01/2021).

Menurutnya, penetapan zona orange di wilayah Lampung Selatan tersebut setelah adanya penurunan kasus terkonfirmasi Covid-19 selama dua minggu terakhir ini.

Penetapan itu lantaran, adanya penurunan jumlah kasus suspec, penurunan jumlah kasus meninggal, penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif meninggal, kenaikan jumlah kasus positif yang sembuh, kenaikan jumlah kasus suspec selesai isolasi, dan kenaikan jumlah selesai pemantauan kasus suspec.

“Jumlah pemeriksaan spesimen juga meningkat selama 2 minggu dengan positif rate kurang dari 5 %,” ujar Eka, begitu sapaan akrabnya.

Baca Juga Berita  Bupati Lamsel Apresiasi Kegiatan Advokasi Keamanan Pangan oleh BPOM

Wanita yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan ini mengatakan, bahwa penilaian itu tak terlepas dari adanya kerjasama antara masyarakat dengan pihak terkait dalam memerangi penyebaran covid-19 di Lampung Selatan.

“Masyarakat mulai patuh dan mengerti prokes. Karna zona ini fluktuatif kemarin merah sekarang orange, bisa juga minggu depan merah lagi atau bahkan kuning. Sesuai harapan kita berangsur-angsur membaik,” kata Eka, begitu sapaan akrabnya.

Kendati demikian, pihaknya tak ingin terlena dengan adanya penurunan kasus tersebut. Sebab, pihaknya mempunyai target yang lebik baik dari kategori yang ditetapkan saat ini, yakni zona hijau.

“Harapannya sih kita kembali ke zona hijau, biar semua roda pemerintahan, perekonomian dan kesehatan bisa berjalan maksimal. Prokes tetap kita perketat, karna kita ga tau apakah orang di sekeliling kita terpapar covid atau tidak,” harap Eka.

Baca Juga Berita  Pilkada Serentak, Nanang dan Istri Nyoblos di TPS 01 Desa Way Galih

Berdasarkan penilaian gugus tugas pusat per tanggal 18 hingga 24 Januari 2021, sementara 12 Kabupaten/kota saat ini masuk dalam kategori zona orange, diantaranya, Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Barat, Tulangbawang, Tanggamus, Lampung Timur, Waykanan, Pesawaran, Pringsewu, Mesuji, Tulangbawang Barat, dan Pesisir Barat.

Sedangkan untuk wilayah Lampung Tengah, Bandarlampung, dan kota Metro saat ini masih masuk dalam kategori zona merah covid-19. Situasi zona per Kabupaten/kota tersebut, dapat berubah setiap minggu sesuai penilaian gugus tugas pusat, berdasarkan 3 kriteria yakni, Epidemiologi, Surveilans, dan Pelayanan Kesehatan.

Diketahui, untuk total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Lampung Selatan saat ini berjumlah 589 kasus, rinciannya 2 kasus baru, 587 kasus lama, dan 123 sedang dirawat atau isolasi mandiri. Kasus kematian terkonfirmasi covid-19 ada 30 kasus, diantaranya 0 kasus baru, 30 kasus lama. Dan, selesai isolasi atau sembuh ada 436 pasien. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here