PDIP Proyeksikan Tiga Nama Calon Ketua DPRD Tuba Ke DPP

0
1272
Listen to this article

Tulang Bawang – Akhir dari Perhelatan Politik memasuki babak baru, 40 anggota DPRD Tulangbawang telah diambil sumpah janjinya Senin kemarin (19/8).

PDI Perjuangan yang mendapatkan 10 kursi menjadi partai politik (Parpol) pemenang Pemilu legislatif di Tulangbawang. Terbanyak diantara Parpol lainnya. Partai berlambang kepala banteng tersebut berhak menduduki kursi Ketua DPRD Tulangbawang Masa Bhakti 2019 – 2024.

Usai pengambilan sumpah janji kemarin, PDIP menugaskan Heri Koko sebagai Ketua DPRD Tulangbawang sementara. Jabatan tersebut sampai muncul nama yang direkomendasikan oleh DPP PDIP menjadi Ketua DPRD definitif. Ketua DPC PDI Perjuangan Tulang bawang Winarti mengatakan, pihaknya telah mengusulkan tiga nama calon yang akan menjadi Ketua DPRD ke DPP PDIP.

Kita sudah usulkan tiga nama calon ketua DPRD Tulang bawang dan sekarang sedang di proses di DPP (PDIP). Tiga Nama itu Pak Sopi`i, pak Heri Koko dan pak Hartono,” kata Winarti, Selasa (20/8).

Baca Juga Berita  Berawal Hobi Foto Berujung Jadi Influencer Asal Lampung.

Menurutnya, usulan tiga nama tersebut telah sesuai dengan petunjuk pelaksana (Juklak) serta regulasi dari PDI Perjuangan.

Kita masih tunggu karena nanti akan ada persyaratan persyaratan (fit and proper test) dari DPP untuk menjadi pimpinan atau ketua DPRD,” ungkapnya.

Winarti yang juga Bupati Tulangbawang aktif tersebut yakin, siapapun yang menjadi Ketua DPRD dan Wakil ketua dari partai lain akan mencerminkan keinginan dari aspirasi masyarakat yang telah melalui proses dan tahapan panjang.

Semua memiliki peluang sama. Cuma ada SK DPP yang harus melalui beberapa tahapan seperti contohnya KSB (Ketua, Sekretaris, dan Bendahara) juga menjadi prioritas. Tapi ini hak Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) yang memberikan persetujuan,” tandasnya.

Ketiga calon ketua DPRD yang diusulkan ke DPP PDIP merupakan kader kader senior partai berlogo kepala banteng di Tulangbawang.

Sopi`i merupakan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tulangbawang sekaligus mantan Ketua DPRD Tulangbawang periode 2015 – 2019 yang menggantikan Winarti karena terpilih sebagai Bupati dalam kontestasi Pilkada tahun 2017 lalu.

Baca Juga Berita  Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Menggala Di Soal..?

Heri Koko merupakan Ketua Komisi I DPRD Tulangbawang periode 2015 – 2019. Dia juga sudah dua kali ditugaskan sebagai ketua DPRD sementara. Sementara Hartono juga merupakan salah satu kader senior PDIP.

Sementara, Peraturan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Nomor 7 tahun 2019 tentang pengisian pimpinan DPRD dan Ketua fraksi DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota, pada BAB IV pasal 4 poin G kriteria pimpinan DPRD didasarkan pada salah satunya perolehan suara calon pimpinan dewan dalam Pemilu Legislatif 2019.

Di pasal 5 persyaratan pimpinan dewan poin E juga diatur jika calon yang diusulkan harus pernah menjabat sebagai anggota DPRD. Selain itu, pada poin F calon yang diusulkan juga tidak pernah menjabat sebagai Ketua/wakil ketua DPRD pada jabatan yang sama dua kali secara berturut turut atau tidak berturut turut di tingkatan yang sama. (tim/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here