Gubernur Lampung, Tebar Benih Ikan Endemik di Sungai Way Cakat Nyenyek

0
65
Listen to this article

Tulang Bawang – Gubernur Lampung Arinal Junaidi menebar 1 juta benih ikan di sungai way cakat nyenyek, penebaran benih tersebut merupakan program Lampung Berjaya yang dikemas dalam program Restocking 1 juta benih ikan endemik tahun 2022. Rabu (28/9/2022)

Dalam mewujudkan sumber daya perikanan yang lestari untuk Lampung berjaya dan Indonesia maju. Adapun lokasi penebaran benih ikan berada dua titik yaitu, sungai way cakat nyenyek sebanyak 500ribu ekor benih ikan dan dermaga sungai way dente sebanyak 500ribu ekor benih ikan.

Adapun, Jenis ikan yang ditebar oleh Gubernur Lampung Arinal Junaidi mulai dari ikan kelabat, baung, nila salin, bandeng dan belida. Meliputi 5.000 ekor benih ikan belida, 100.000 ekor benih ikan jelabat, dan 200.000 ekor benih ikan baung. Sedangkan di dermaga pelabuhan perikanan teladas akan ditebar benih ikan sebanyak 695.000 ekor, diantaranya 445.000 ekor benih ikan nila salin dan 250.000 ekor benih ikan bandeng.

Baca Juga Berita  Jika Rakyat Diberi Beras Buruk Pasti Menjerit Bulog Jangan Nabrak Peraturan

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Junaidi mengatakan, sungai way Tulang Bawang sejak dulu kala syarat akan sejarah kekayaan perairan yang berlimpah ikan. Namun saat ini sangat disayangkan menurunnya populasi ikan air tawar dampak dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Tidak bisa kita pungkiri pemberantasan oknum yang merusak ekosistem perairan terkhusus di Tulang Bawang sangat sulit, oleh karena itu saya sebagai Gubernur Lampung berinisiatif untuk terus menebar benih ikan di perairan Lampung agar anak cucu kita nanti masih dapat menikmati nikmatnya rasa dari ikan air tawar,” ucapnya.

Masih kata Arinal, Populasi ikan harus di akui di atas kemodernan zaman, berbagai jenis ikan sudah mulai mengalami kepunahan. Berbagai tindakan terus dilakukan oleh pemerintah mulai dari memberikan sosialisasi tentang cara penangkapan ikan yang aman tanpa merusak ekosistem perairan, penangkapan oknum-oknum pemutas air, sampai dengan kegiatan dilakukan Restocking penebaran benih ikan di hampir seluruh Lampung merupakan cara pemerintah mencegah kepunahan ikan terkhusus ikan-ikan endemik khas Lampung.

Baca Juga Berita  Dinkes Tuba Sidak Apotek Yang Ada di Wilayahnya

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tulang Bawang, mari kita sama-sama menjaga ekosistem perairan sungai way Tulang Bawang, karena salah satu kesejahteraan masyarakat dapat dilihat dari makmurnya para nelayan dengan hasil tangkapan yang berlimpah. Dan saya juga menegaskan apabila masyarakat Tulang Bawang melihat ada oknum-oknum yang melakukan pengerusakan ekosistem air, pemotasan atau penyetruman ikan tangkap dan laporkan saya siap untuk mengawalnya sampai ke ranah hukum,” tegasnya.

Sementara, Bupati Tulang Bawang Winarti mengucapkan, rasa terima kasihnya kepada Gubernur Lampung yang telah memilih Kabupaten Tulang Bawang sebagai tempat penebaran benih ikan.

“Saya atas nama masyarakat Tulang Bawang dan juga Bupati mengucapkan terima kasih kepada Bapak Arinal Junaidi yang telah mendukung pemerintah daerah dalam menjaga ekosistem perairan sungai way Tulang Bawang. Saya berharap Kabupaten Tulang Bawang tetap terus diberikan perhatian bantuan baik itu dari provinsi maupun pusat,” ujarnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here