Upaya Percepatan Menuju Kabupaten Tulang Bawang Open Defecation Free (ODF) Dalam Bingkai Bergerak Melayani Warga

0
160
Listen to this article

TULANG BAWANG – Dalam Situasi Pandemi COVID-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabid Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Nyoman Jana ikut serta Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) tepatnya di BPSD Provinsi Lampung. Rabu (04/8/2021).

Dalam hal ini, ia juga mendampingi Kepala Dinas Kesehatan H.Fatoni, S.Kep.,MM Melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) dalam Upaya Percepatan menuju Kabupaten Tulang bawang Open Defecation Free (ODF) Melalui Gerakan Bersama Rakyat Meningkatkan Capaian Kampung ODF dalam Bingkai Bergerak Melayani Warga (BMW).

Kegiatan Monev sendiri, dilaksanakan di Kecamatan Gedung Meneng, Kecamatan Dente Teladas, Kecamatan Menggala Timur dan Kecamatan Rawa Pitu.

Kabid Yankes Dinas kesehatan Tulangbawang, Nyoman Jana yang mewakili Kepala Dinas mengatakan, adapun Arahan terhadap strategi dan Kebijakan yang dapat dilakukan dalam mencapai Kampung ODF, Tim kecamatan yang didalam pastinya ada petugas Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan yang bekerjasama dengan stake holder seperti Pendidik di sekolahan baik tingkat Sekolah Dasar, Menengah pertama dan Atas.

Baca Juga Berita  Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti Sah Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan di IPDN

“tokoh agama atau tokoh masyarakat, Kader Kesehatan dan juga Aparatur Kampung memberikan Edukasi dalam membangun Pola Pikir ber Perilaku Hidup Bersih dan Sehat salah satunya Buang Air Besar di Jamban Sehat, dengan kata lain Stop Buang Air Besar Sembarangan. Tenaga Sanitarian dapat menyiapkan Media Penyuluhan/ Edukasi seperti Brosure/leaflet, Rekaman suara keliling, melalui Media Sosial, Media masa dan elektronik dalam membangun Mindset Masyarakat”jelasnya.

Baca Juga Berita  Kiat Sukses Oki Dermawan Dosen Universitas Islam Negeri Lampung

selain itu, lanjutnya lebih dalam, terkait wilayah perairan yang sulit membuat septiktank dapat menerapkan Inovasi Septiktank Model ij seperti yang telah diperkenalkan sebelumnya serta tutorial pembuatannya yang bisa dilihat langsung di Youtube. https://youtu.be/ar4KB3ttXCg.

“Kedepan kita berharap agar Data by name by address, atau Pemetaan jamban Rumah Tangga sebelum dan setelah Perlakuan, dan Dokumen lainnya segera diperbaiki sehingga saat dilakukan Verifikasi tingkat Provinsi akan cepat terlaksana dengan lancar” ungkapnya.

hadir juga pada giat monev itu,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dan Kelurahan, Yen Dahren didampingi Kabid Dani, Camat, Sekretaris Camat, Jajaran Kecamatan, Kepala Puskesmas dan jajarannya, Jajaran Kampung, Uspika, Babinsa, BabinKamtibmas,serta tim ODF setempat. (sdi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here