Tanam Rotan di kebun kopi,Warga pekon Bandar Baru sebut tanaman ini sangat membantu ekonomi nya.

0
293
Listen to this article

Lampung Barat Delik Fokus – Rotan adalah tanaman liar yang tumbuh di hutan,pada umum nya masyarakat mengambil Rotan atau buah Rotan di hutan untuk di jadikan kerajinan.Ternyata selain pohon Rotan Buah nya juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Di Pekon Bandar Baru kecamatan Sukau salah seorang warga membudidayakan tanaman ini di kebun kopi milik nya.

Toha Salah Seorang Warga yang menanam Rotan di kebun Kopi milik nya Sejak 2016 Lalu sebanyak 20 batang.

Baca Juga Berita  Pelantikan JPTP dan Administrasi di Lingkungan Kabupaten Lampung Barat Disambut Hujan Lebat

“Tanaman ini sangat menjanjikan karena setahun bisa di panen tiga kali dan harga nya lumayan stabil,di tambah lagi perawatan dan proses tanam tidak terlalu ribet jadi di panen langaung jual”ucap Toha pada Sabtu (28/01/2023).

Dari satu rumpun Rotan yang di tanam nya bisa menghasilkan 20 kg Sekali panen dengan harga saat ini 20 ribu per kilo nya.Tanaman ini juga menurut Toha tidak mengganggu tananam kopi di kebunya.

Baca Juga Berita  Sambut Peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 Polres Lampung Barat Gelar kegiatan Bansos dan Baksos

“Selain bibit Rotan yang saya ambil dari hutan sekitar saat ini juga saya sedang mencoba bibit Rotan Berasal dari aceh yang menurut informasi berkualitas lebih baik,tapi bibit nya lumayan mahal 35 ribu perbatang,”tambah Toha.

Selain Toha ada beberapa warga juga di Pekon Bandar Baru ini yang memulai membudidayakan tanaman Rotan ini di kebun mereka.(Hari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here