Pemkab Tuba Raih Penghargaan BKKBN Di Jakarta

0
154
Listen to this article

Tulang Bawang – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas partisipasinya memberikan layanan gizi spesifik dan sensitif dalam upaya percepatan penurunan stunting pada bulan Desember 2022 lalu.

“Kabupaten Tulang Bawang sejak awal berkomitmen untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, salah satunya dengan menekan prevalensi stunting,” kata Bupati Tulang Bawang Winarti pada saat masih menjabat dalam keterangannya pada saat acara BKKBN di Jakarta.

Penghargaan itu diberikan langsung kepada Winarti oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo pada Selasa (6/12) atas capaiannya menurunkan prevalensi stunting yang semula 32,49 pada 2018 persen menjadi 9,5 persen pada 2021.

Ia mengemukakan, penurunan prevalensi stunting yang signifikan itu dapat diwujudkan karena daerahnya menggunakan salah satu program unggulan bernama Bersama Melayani Warga atau BMW yang pro terhadap kesehatan perempuan, ibu dan anak.

Baca Juga Berita  Pemkab Lamsel Ikuti Verifikasi Lapangan PUG Secara Online

Program BMW juga memberikan pemahaman akan pentingnya stunting yang menghasilkan kesadaran masyarakat terkait tidak buang air besar sembarangan. Dalam program percepatan penurunan stunting, Pemkab Tulang Bawang juga mempunyai program yang diberi nama Sayang Ibu dan Gerebek Stunting.

Inovasi lain yang dilakukan untuk menekan angka stunting adalah melalui program satu desa satu ambulans, satu desa satu bidan, dan satu desa satu perawat.

“Kabupaten Tulang Bawang menjadi lima nasional terbaik penurunan stunting. Inovasi pro ibu dan anak lalu kolaborasi semua program BKKBN berhasil dengan baik menurunkan stunting,” ucapnya.

Ia berharap prevalensi stunting di daerahnya akan terus menurun karena semua pihak telah bekerja keras dan bergotong royong menekan angka stunting semaksimal mungkin.

Baca Juga Berita  DPRD Tuba Gelar Paripurna Dalam Rangka Pembicaraan Tingkat I Atas Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2021

“Tantangannya adalah komitmen kita bersama untuk memikirkan generasi penerus bangsa dengan gotong royong semua pihak. Sekarang kita tinggal mempertahankannya dan berharap stunting di Tulang Bawang turun lagi kalau bisa 0 persen pada 2024,” katanya.

Selain Bupati Tulang Bawang, pejabat lainnya yang menerima penghargaan serupa adalah Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Pj. Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Wakil Bupati Pinrang Alimin, serta Wali Kota Bima Muhammad Lutfi, Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, Bupati Kotawaringin Barat yang diwakili Plt. Sekda Juni Gultom, dan Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here